Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Yang Harus di Hindari

             Pantangan makanan ibu hamil sangat penting guna menjaga kesehatan ibu dan janin,ini di karnakan semua makanan dan minuman yang di konsumsi oleh ibu hamil otomatis akan ikut di konsumsi oleh calon si buah hati, dan untuk pantangan makanan yang dilarang untuk ibu hamil terbilang banyak, dari mulai buah hingga daging.

Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Yang Harus di Hindari
pantangan makanan ibu hamil


Sebenarnaya masarakat sudah banyak mendengar mengenai makanan apa yang harus di hindari untuk ibu hamil muda, namun karena hanya mendengar dari mulut ke mulut tanpa mengetahui alasan dan buktinya bahwa makanan-makanan tersebut tidak baik untuk ibu yang sedang mengandung.

Berikut ini adalah bebrapa makanan yang tidak baik untuk di konsumsi bagi ibu hamil muda yang justru dapat mendatangkan resiko berbahaya baik untuk ibu maupun janin yang di kandungnya.


1.Ikan yang mengandung merkuri

Ikan yang harus di hindari untuk di konsumsi adalah ikan yang mengandung merkuri,seperti ikan tuna,ikan hiu,ikan ikan mackerel dan ikan lainnya yang berukuran besar yang lama hidup di laut.kandungan merkuri yang terdapat di ikan-ikan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan syaraf jika di konsumsi dalam jumlah yang besar.

2.Daging mentah atau daging setengah matang

Jangan makan daging mentah ataupun seperti sushi/seafood,unggas,daging sapi,telur,yang dimasak kurang matang karena mengandung toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat mengakibatkan infeksi serius pada janin serta bakteri E coli.Toksoplasmosis juga terdapat pada sayuran yang tidak bersih ketika mencucinya,oleh karena itu bersihkan sayuran dengan baik sebelum di masak.

3.Keju Lunak

Keju lunak seperti camembret maupun brie serta jangan minum susu domba dan kambing dan jangan minum susu yang sebelumnya tidak di parterisasi. Dari semua produk-produk susu tersebut dapat membawa bakteri listeria yang mampu masuk ke plasenta akibatnya menyebabkan infeksi pada janin.Bakteri listeria juga dapat mengakibatkan keracunan dalam darah,kelahiran prematur, bahkan sampai keguguran.Alangkah baiknya untuk menjauhi dan tidak mengkonsumsi makanan ini, setidaknya sampai anda melahirkan.

4.Buah Nanas

Hampir semua ibu muda hamil mengetahui bahwa buah nanas merupakan makanan yang paling dihindari karena mereka percaya buah ini dapat menyebabkan keguguran pada kandungan mereka.

5.Minuman yang mengandung cafein

Akan lebih baik jika anda mengurangi atau tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung cafein seperti kopi dan teh,karena cafein yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi penyerapan zat besi,mempengaruhi berat badan rendah pada bayi nanti,bahkan menyebabkan keguguran.

6.Minuman Beralkohol

Alkohol dapat mengganggu perkembangan janin,baik itu di konsumsi dalam jumlah yang banyak maupu sedikit.alkohol juga dapat menyebabkan kerusakan pada saraf ibu maupun calon buah hatinya nanti.maka dari itulah jauhilah minuman yang beralkohol setidaknya nanti setelah menyusi.


7.Tape 

Pembuatan tape yang merupakan hasil fermentasi dari singkong kemudian menggunakan ragi,sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda karena fermentasi tersebut mengandung bahaya alkohol yang kadarnya tinggi, di poin sebelumya sudah dijelaskan bahaya alkohol bagi ibu hamil.

8.Makanan berpengawet tinggi

Makanan yang berpenganwet tinggi sebaiknya jangan di konsumsi, karena dapat menyebabkan otak janin menjadi terlambat berkembang dan rusak.makanan tersebut seperti mie instant,kornet dan semua yang dikalengkan.

Demikianlah beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil muda,semoga artikel ini bermanfaat,dan jangan lupa untuk di share kepada yang lain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Yang Harus di Hindari"

Post a Comment